Blogger Jateng

Sebuah Penghargaan dalam Kegiatan Pembelajaran dengan Model TGT-Petik Soal

pada gambar kanan-kiri
Ita - Nova - Okta

Tahun ini saya mencoba melakukan sebuah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Paksebali, Dawan Klungkung. dengan menggunakan sebuah model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dengan teknik Petik Soal.

Dalam kegiatan  anak-anak sangat tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.. Anak yang dulunya begitu lesu ketika belajar matematika bahkan ada diantara mereka yang terlihat takut ketika sudah diajak belajar matematika.

Melalui TGT dengan teknik petik soal ini langkah-langkah pembelajaran menggunakan model TGT. Dimana langkah-langkah model pembelajaran TGT diawali dengan presentasi kelas, teams, tournament dan penghargaan.

Pemberian penghargaan merupakan kegiatan akhir dari TGT yang merupakan sebuah pencapaian dari sebuah team. Penghargaan yang diberikan ini akan mendorong motivasi anak untuk terus belajar dan berusaha menjadi yang terbaik.

Ada berbagai cara yang bisa diberikan guru dalam membuat penghargaan kepada siswa. Salah satunya adalah seperti yang saya lakukan ini. Yaitu membuatkan sebuah lencana penghargaan yang terbuat dari kertas HVS. Pada lencana tersebut terukirkan peringkat mereka. Lecana tersebut saya peroleh di google images, namun saya modifikasi sedikit dengan menambahkan tulisan angka 1 untuk peringkat 1, angka 2 untuk peringkat dua dan angka 3 untuk peringkat ketiga.

Respon anak-anak ketika diberikan penghargaan tersebut, mereka sangat senang sekali dan benar-benar menunjukkan sebuah kebanggaan serta keinginan untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih.

Demikian bentuk penghargaan yang bisa diberikan kepada siswa, jika anda menerapkan pembelajaran dengan model TGT.

Posting Komentar untuk "Sebuah Penghargaan dalam Kegiatan Pembelajaran dengan Model TGT-Petik Soal"